Making new decision; taking a gap year?

Saturday, July 02, 2016


Tahun ini adalah tahun ter-ter-berat buat gue. Ditolak dimana-mana. SNMPTN, SBMPTN, UTUL UGM. Rasanya seakan-akan dunia gue runtuh seketika. Kayak mimpi yang selama ini gue bangun hilang gitu aja. Padahal i’ve prepared all things buat kuliah jauh dari gue kelas 9 SMP dan sekarang.. gue cuman seorang pengangguran yang nggak tau mau kemana.

Impian gue dari kecil itu kuliah. Ngga tau kenapa tapi gue pengen banget kuliah. That’s why gue memikirkan dengan matang sekali keinginan gue ini. Tapi ternyata Tuhan berkehendak lain. Tuhan ingin gue lebih menghargai lagi proses ini.

Well, ketika gue ditolak SNMPTN gue ga sedih-sedih banget. Karena ya, nilai gue ga tinggi-tinggi banget, ya apasih yang lo harepin dari transfer student mau dapet nilai tinggi gitu? Dan sekolah gue tuh yang agak meng-under-estimated transfer student.

Salahnya, gue terlalu males buat belajar sbmptn saat itu. Gue masih ingin menikmati free time gue, sedangkan yang lain mulai belajar mati-matian. Seolah gue belum sadar kalo itu tuh satu-satunya kesempatan gue buat kuliah. Tapi gak ada gunanya juga menyesal, i’ve tried, sadar juga kalo nggak maksimal sama sekali, ya gimana, gue jor-joran belajar aja pas H-10 hari. Cari mati nggak itu namanya?
at least gue sudah mencoba dan sudah tau rasanya, ya ini jadi pelajaran buat gue agar ngga ngulangin hal yang sama.

Harapan gue satu-satunya dan yang terakhir; UTUL UGM. Gue udah hopeless banget sih sama yang ini, sbmptn unila aja gue ga dapet apalagi ugm, dan hasilnya ngga mengejutkan gue, iya gue gagal lagi.

Pusing bukan main, gue down parah, tertekan, ngerasa ga berguna jadi anak, gue udah ngecewain orang tua gue yang berharap banyak banget sama gue. Tapi ya mau diapain lagi. Ngga bisa berenti nangis. Gue jadi sensitif banget, pengennya marah-marah terus, dikit-dikit nangis, ngomong sama bapak gue aja gue ngga sanggup. Walaupun iya gue tau dia ngga akan marah, tapi gue ngerasa ngecewain dia banget banget dan disitu gue ngerasa bersalah, kayak gue abis ngelakuin kejahatan gitu. Parah kan.

Bapak gue kukuh nyuruh gue daftar mandiri, tapi gue ga mau karena emang ada niatan mau sbmptn lagi, jadi kayak percuma gitu loh, kalo gua setahun kuliah dulu, tapi tetep sbmptn. udah gue pusing kuliah yang nggak ada interest sama sekali, terus buang-buang uang juga, mandiri kan nggak murah.
Bukannya gue anti sama PTS, ya, tapi mikirin finansial juga, emang cuman gue doang apa anaknya ortu yang mau sekolah?

Dulu gue emang sempet berpikir buat nganggur dulu, tapi gue ga tau kalo rasanya bakal seberat ini. Ketika temen-temen lo sudah pakai almamater dan lo masih nowhere to be found.. fail sekali rasanya. Tau gak, kalimat yang paling menyakitkan buat gue adalah when my friend said; gais, akhirnya ketemu kalian gue udah pake almamater. Rasanya kayak menabur garam diatas luka, perih.

Plan awal gue sebenernya mau nyoba ISI, tapi ternyata gue ga sekuat itu. Gue downnn super down parah, udah ngga sanggup lagi kalo harus test lagi sekarang-sekarang ini.

Mungkin ada yang mikir, emang yakin tahun depan bisa keterima? Kalo gagal lagi gimana? Yah, jangan sampe dong. Masa udah ambil jarak setahun masih gagal lagi? Ngulangin kesalahan yang sama lagi? Nggak malu apa sama adek-adek yang baru lulus SMA? Yes, kalo berusaha pasti bisa. Karena gue lihat kok, perjuangan mereka yang bisa dapet ui, unpad, itb, ugm itu belajarnya gimana. I see them. Gue ada bersama mereka saat itu, walaupun gue gak termasuk salah satu dari yang keterima itu HUHUHU.

Dan, kalo ada yang bilang gap year cuman buang-buang waktu, sayang umur, rugi umur etc, nevermindi don't really care, asal gap year digunain dengan hal yang bermanfaat nggak ada yang salah kok. Untungnya, gue dipertemukan dengan orang-orang yang gap year juga, jadi nggak boring amat lah hidup aing.

Hm.. jangan dikira anak-anak gap year yang karena gagal sbmptn itu bodoh, ya, temen-temen gue pada jago, yang master itu banyak, tapi kenapa pada gagal hingga akhirnya pilih gap year? Ya, karena nasib dan hidup itu pilihan. Bukan berarti yang kuliah sekarang itu lebih pintar dari yang gagal, lho, ya. Bahkan, salah satu temen gue ada yang udah kuliah setahun di PTN (masuk 10 ptn top di indo) dan sekarang keluar malah ambil gap year buat sbmptn lagi, mau ngejer ITB.
Atau, kakak kelas yang gue taksir, e apa, dia sudah di pertambangan unsri tapi dia sbmptn lagi dan finally dapet metalurgi ui.
Semua itu membuat gue yakin sih kalo nggak ada yang sia-sia asal berusaha dan doa jangan lupa.

Jadi, ini keputusan berat yang sangat menentukan masa depan gue, dan sepertinya iya, gue butuh taking a gap year, untuk memulai semuanya dari awal, dan mendapatkan hasil yang maksimal. Gue mau belajar yang banyak, cari pengalaman yang banyak.

Insyaallah gue siap menerima cemoohan orang, karena, di Indo taking a gap year masih jadi hal yang ganjil, iya gapapa. Pohon yang tinggi pasti ada angin yang kencang, kan??

Last, buat kalian yang baca tulisan ini, doain saja saya mendapatkan yang terbaik ya agar bisa mencapai cita-cita dan jadi anak yang membanggakan buat orangtua, dan kalian yang ngerasain hal yang sama kayak saya, jangan takut ambil langkah besar yang bahkan bisa mengubah dunia kalian, jangan biarin orang lain menyetir masa depan kalian. Go out from comfort zone and see outside. Ada banyak hal menarik yang bisa kalian lakukan ketika taking a gap year (bahkan saya pun ga sabar buat melakukan itu), you can upgrade your skill, kerja part time, ngelakuin semua hal yang belum pernah lo lakuin ketika SMA (terlihat menarik ya, semoga saja begitu).

Makasih banyak banget, buat teman-teman terkasih yang selalu cheer me up dan selalu menemani disaat masa sulit begini. Kalo ngga ada kalian mungkin saya ngga akan sekuat ini. Especially for riris and ((you)), thanks a lot!xx

You Might Also Like

0 Comments