All Of This Make Me Stronger – My Gap Year Story (sbmptn 2017)

Wednesday, June 14, 2017


Setahun lalu, gue masih jadi anak yang payah, nggak ngerti apa-apa, terlalu angkuh dan sombong. Mungkin dengan gagalnya gue dari semua seleksi masuk kuliah 2016 adalah cara Tuhan menampar gue dan menyadarkan gue untuk menjadi lebih down to earth lagi. Kalo kalian mau baca, post2 sebelum ini gue pernah nulis tentang kenapa gue pilih gap year dan post2 sebelumnya juga banyak cerita tentang keinginan kuliah gue, fsrd itb, misalnya (masih sakit sih kalo diinget sampe sekarang ehehehe)

Butuh waktu lama buat bangkit, bukan seminggu dua minggu atau sebulan dua bulan, tapi hampir setengah tahun gue masih meratapi nasib dan nggak melakukan kegiatan yang berguna.
Kegagalan dalam sbmptn dan utul 2016 membuat gue memilih untuk gap year. Well, selama gap year ini mental bener-bener teruji, harus siap menanggung malu dan cibiran.

Tulisan awal gue tentang memilih gap year bisa di baca di https://bitterlaft.blogspot.co.id/2016/07/making-new-decision-taking-gap-year.html

Penyemangat pas gagal sbmptn 2016
Jujur, gap year itu nggak mudah. Selama setahun gue malu karena nggak kuliah, gue  juga nggak suka dengan tatapan mereka yang kasihan dan seolah merendahkan. Pergi jauh dari tanah kelahiran adalah salah satu solusi buat gue saat itu, yaitu tinggal di Bali, nggak punya temen dan nggak kenal siapa-siapa. Setidaknya, itu membuat gue nggak depresi.

Yes, I went out from my comfort zone.

Selama 6 bulan gue kehilangan semangat. Di bulan November 2016, gue beli zenius buat 9 bulan (yup, modal nekat, cuman belajar dari zenius doang). Tapi, apa? Cuman sampe dua bab ekonomi, gue berhenti. Males. Gue kehilangan motivasi. Seakan lupa rasa sakitnya ditolak sbmptn pada Juni lalu.

Sometimes, saat lo sedang dalam masa gap year, akan ada saatnya ngerasa udah males buat kuliah, terlanjur terlena dengan kehidupan yang nggak terikat waktu, and you’ll do nothing in that time. but remember and trust me, lo harus bisa mengalahkan semua rasa itu, dan bangkit lagi, inget betapa sakitnya, betapa malunya lo dan orang tua kalo lo gagal sbmptn lagi, dan inget lagi apa tujuan utama lo dan gimana rasa senengnya jika bisa mendapatkan itu.

Dulu, demi mengalahkan semua rasa itu gue pasang alarm jam 9 pagi dengan judul ‘study bitches or you’ll be the dumbest person in the world’. Really. But it didn't work. Bahkan wallpaper penolakan sbmptn masih belum bisa membangkitkan semangat gue lagi. iya, gue separah itu.

Januari gue pulang ke Lampung buat ambil ijazah, timing yang pas, mengingat saat itu gue memang butuh cambukan.

Dan bener. Ketemu temen-temen SMA bikin gue jadi pengen ngeraih impian lagi, keinginan gue buat kuliah bangkit lagi. Kalo diinget, betapa mereka bangga dengan almamater mereka, dan kehidupan kampus yang belum gue dapatkan, gue iri dengan itu semua dan ingin ngerasain juga. Tapi, yang paling mencambuk adalah kalimat super pedes dari keluarga gue sendiri :)

Oh, dan satu hal lagi yang membakar semangat belajar gue adalah setelah gue nonton video sbmptn nya Randi (atau siapa ya namanya gue lupa, pacarnya Nanda Arsinta, sih, intinya). Video itu berhasil bikin gue nangis dan langsung solat tahajud saat itu juga.

Setelah semua temen-temen SMA gue pulang ke tanah rantau mereka, gue jadi lebih sering di rumah, dan disitulah gue mulai mulai belajar. Pelan-pelan aja, jangan terburu-buru yang penting ngerti dan paham sampe tuntas. Karena melakukan itu, nggak semudah mengucapkan, gue memulai ini dengan cari template-template studyblr yang sekiranya bikin gue semangat. Gue juga pake teknik pomodoro dan timer nya gue pake app ‘forest’. [contact me if you want the template]


Februari gue balik lagi ke Bali. Karena masih capek dan lelah baru sampe, ceritanya gue mau istirahat dulu beberapa hari, sayangnya istirahat gue kelamaan, huh, memang musuh terjahat adalah diri sendiri, ya.

Sekitar Maret gue mulai belajar lagi, tapi jam belajar gue masih belum konsisten, gue belajar pas lagi mood aja, kalo udah capek maka gue akan berhenti. Try out online pun banyak yang gue abaikan dan nggak gue kerjakan dengan sepenuh hati.

Ketika kehilangan semangat, gue mulai cari-cari motivasi lagi, ternyata gue nggak sendirian, temen-temen segrup gap year pun banyak yang mengalami hal ini, makanya gue makasih banyak banget bisa kenal sama temen-temen seperjuangan walau cuman lewat line doang, mereka lah yang menemani hari-hari gabut gue walau gue lebih sering sider sih hehehe.

salah satu motivasi dari mereka yang nampar banget

April, gue mulai panik, lah kok udah April aja, dari sini gue force diri gue buat belajar belajar belajar dan belajar. Untungnya, ini gue tinggal ngejer sejarah dan geografi. Sosiologi udah gue selesain pas di Lampung, ekonomi tinggal ngejer materi akuntansi perusahaan dagang.

Setidaknya, gue udah punya bekal soshum yang lumayan. Oh iya, urutan belajar gue adalah sosiologi – ekonomi – geografi – sejarah. TPA, gue cuman ngerjain soal-soal aja karena ngerasa udah enek banget sama TPA. Bahasa Indonesia dan Bahasa inggris juga cuman belajar dari soal. Fokus gue emang nggak ke madas karena gue sadar seberapa keraspun usaha gue buat belajar madas, gue belum tentu bisa ngerjain soalnya haha jadi gue cuman belajar peluang, statistika dan beberapa bab yang kira-kira soalnya masih masuk akal gue.

Dengan sisa waktu yang tinggal sebulan setengah itu gue mulai belajar dari pagi sampe malem. Tentu pake istirahat, ya. Selama waktu itu gue berusaha ngejauhin hal-hal yang bakal ngeganggu konsentrasi. Gue cuman idupin tv buat nonton Cinta dan Rahasia doang (Dikta nya ganteng aq nga kuat). Saat gue udah jenuh dan butuh hiburan, gue meluangkan waktu gue buat nonton drama korea haha, dan sekali-sekali belajar di J.Co pas butuh suasana baru.

Gue agak kesulitan buat memahami geografi, karena emang nggak ada interest kesitu juga sih, jadi gue ngeskip bab batu-batuan dan belajar yang sekiranya bisa dinalar aja. Oh, btw, perlu diketahui ya, kalo gue anak ipa, jadi bener-bener gue mulai dari 0.

Nah, karena tutor sejarah zenius itu enak banget dan ngajarnya lengkap banget, maka hari-hari menjelang sbmptn sampe H-2 gue pake buat ngejer materi sejarah yang super banyak banget itu, gue ngeskip perang dunia karena nggak sempet, untungnya yang keluar di sbm cuman satu soal perang dingin.

Di saat ini gue jadi mencintai sejarah, dan terharu dengan perjuangan pahlawan Indonesia, sumpah, 12 tahun gue belajar di sekolah, baru ini gue bener-bener paham sama yang namanya sejarah dan ternyata mata pelajaran ini menyenangkan. Pokoknya pas ini gue jor-joran banget sih belajarnya dan moto gue saat itu adalah ‘jangan kasih kendor’ ehehhe.

homescreen gue menjelang sbmptn

Akhirnya H-1 war sbmptn, gue nggak ngejer materi lagi cuman ngerjain paket soal aja dan nggak memforsir diri gue lagi. Siapin semuanya dari malem, tidur cukup. Hari H udah ngga sentuh buku sama sekali, datang – kerjakan – lupakan.

Gue lumayan seneng nih dengan hasil kerja gue tahun ini karena menurut gue, kali ini better dari tahun lalu walaupun gue cuman ngerjain madas 2 soal doang karena nggak keburu hehehe. Jadi urutan gue adalah TPA – Bhs. Indo – bhs. Ingg – madas. As i said before, madas nggak jadi prioritas gue (padahal kalo mau masuk univ top madas adalah kunci, ya apa daya w tidak sanggup).
Sesi kedua soshum, gue seneng juga ini karena semua dari zenius keluar di soal. Bahkan gue nggak nyangka bisa isi 14 soal sejarah haha.

Walaupun gue nggak yakin jawaban gue bener atau nggak, gue isi aja, karena orang dari masa lalu pernah bilang ke gue, isi aja sebanyak mungkin walaupun ragu. Toh nggak bakal rugi kan kalo kita udah bener 1 soal aja, terus ternyata ada salah 1 soal, kita masih punya 3 poin. Tapi bukan berarti isi asal-asalan ya, kalo soal yang bener-bener gue nggak kenal dan nggak tahu maka gue kosongin.

Semua semangat dari temen-temen jadi kayu bakar yang mengobarkan ambisi gue, pokoknya gue yakinkan diri gue kalo ini adalah sbm terakhir gue dan gue nggak akan kalah lagi.

Setelah sbmptn, gue nggak mikir apa-apa, semua gue serahkan kepada Tuhan, nggak mau ikut quick count dan lain-lain. Bener-bener tawakkal semua gue kembalikan ke Allah karena gue cuman bisa berusaha dan berdoa doang. Gue berdoa minta yang terbaik, dimanapun Dia menempatkan gue nanti di pilihan satu, dua atau tiga, gue akan terima dengan ikhlas karena gue bener-bener milih pilihan yang gue yakini gue akan seneng jika gue kuliah disitu. Bukan pilihan yang cari aman doang.
Btw, pilihan gue adalah dua manajemen di univ yang berbeda, dan pil ketiga gue destinasi pariwisata.

Dan, 13 Juni 2017, semua usaha gue dibayar, gue puas dengan hasilnya walaupun di pilihan ketiga. Jurusan gue memang nggak sepopuler jurusan lain, bukan teknik, hukum, apalagi ekonomi, mungkin kalian yang baca ini pun ada yang ngeremehin jurusan ini, but I don't care, gue punya alesan kenapa gue pilih ini, and you just keep silent kalo ngga tau apa-apa.

Sebenernya, gue juga ngerasa masih payah sih karena udah belajar hampir setahun tapi dapetnya di pilihan ketiga, juga bukan di univ top kaya UI, UGM, ITB, iya, nggak sehebat temen-temen gue yang lain, tapi, gue bersyukur. Insyaallah ini dah yang terbaik buat gue, gue udah coba beberapa kali buat buka pintu 'manajemen' yang ternyata masih belum dibuka juga sampe sekarang, so, I realized now kalo pintu itu memang bukan untuk gue. Hope you understand.

Gue nggak pernah kepikiran sih sebelumnya kalo bakal jadi mahasiswa unud beneran, dulu, pas SMA, gue sering ngaco asal jawab aja kalo ditanya sama guru go mau kuliah dimana, gue jawab 'udayana, Pak' atau 'Pak, kalo saya kuliah di udayana gimana, ya' tapi nggak pernah bener-bener daftar di unud, karena tahun ini kebetulan tinggal di Bali dan keluarga pengen banget gue masukin unud di pilihan gue, ya, ternyata memang rezeki gue di sini.

Tapi, perlu diketahui dan perlu disadari juga, kalo gap year itu bukan berarti ada jaminan lulus sbmptn lho, ya, karena banyak juga temen-temen gue yang belum dikasih jalannya di tahun kedua ini, bahkan ada yang udah masuk di tahun ketiga. Jadi, sebisa mungkin kalo emang mau gap year di pikirkan mateng-mateng, didiskusikan dengan keluarga kenapa lo ingin memilih jalan ini, dan lo juga harus kerja keras 2x lebih keras dari yang lain, udah siap belum?

Dan, sbmptn kedua ini jadi beban yang berat banget buat gue pribadi sih, lebih gereget dari tahun pertama, dan lebih bikin stres. Jujur, saat gue memilih buat gap year, yang ditakutin oleh orang-orang terdekat gue adalah 'gimana kalo nanti gagal lagi?' dan gue selalu jawab dengan PD 'nggak akan gagal lagi, tahun ini aku harus kuliah.' setidaknya itu yang gue pikirkan saat ditanya seperti itu. Gue nggak mau kalah lagi. Asal kalian yakin dan percaya, insyaAllah diberikan jalan olehNya.

Dibalik gagalnya gue tahun lalu ternyata banyak menyimpan hikmah, salah satunya adalah pikiran gue jadi lebih terbuka dan gue lebih toleran karena jadi minoritas di sini. Jujur gue ngerasain banget perbedaan ini ketika gue ketemu dengan temen-temen lama gue, pun keluarga gue yang masih, ya, begitulah. Maka dari itu, main-main lah keluar agar tahu dunia ini bukan hanya tentang kamu saja.

Btw, sekarang gue percaya kalo hasil tidak akan mengkhianati usaha, jadi, mana usaha lo. Semua yang pahit pasti akan dibalas dengan buah yang manis. Janji Tuhan itu pasti. Dan sungguh, rasanya manissss banget, legaaa bangett. Apalagi saat liat wajah bahagia nyokap gue, kebahagiaan yang nggak bisa dibeli pake uang.



Banyak kisah orang lain yang lebih hebat daripada ini, kisah gue mah ngga ada apa-apa nya, gue nulis ini hanya sebagai bentuk sharing pengalaman gue sekaligus salah satu bentuk bersyukur gue kepada Tuhan, dan semoga saja dapat menginspirasi pembaca. Buat yang masih gagal sbmptn, inget, hidup harus terus berlanjut dan sbmptn bukan akhir dari segalanya. Gue paham sekali apa yang kalian rasain, dan gue juga tau seberapapun bijaknya kalimat yang gue kasih ke kalian, kalian sedang nggak butuh itu, let it go, perbanyak doa dan usaha.


Semangat, Pejuang!

---
[update desember 2017]

Hi, SBMPTN udah makin dekat nih! Gimana? Udah berapa persen kesiapan kalian?
Anyway, Aku mau ngasih buku soal aku dari SBMPTN 2017. SOSHUM ya! InsyaAllah masih bisa dipake karena ada beberapa bab yang belum aku sentuh sama sekali.
Aku juga mau ngasih buku wangsitku (it's helped a lot, seriously). Dan, aku juga punya buku wangsit Matematika Saintek yang masih baru banget (isinya ada madas sama matipa, jadi soshum bisa pake juga) yang ini belum ada yang aku isi, karena kemarin aku nggak sempet ngerjain soalnya ada kendala di pengiriman, jadi keburu sbm duluan hehe.
Kindly catch me on ig, ya kalo kamu butuh buku-buku buat sbm, karena sayang juga ini buku nganggur di rumah.
!!!Hanya untuk yang serius SBMPTN, dan aku mengutamakan yang gap year, ya!

suksma xx.

You Might Also Like

40 Comments

  1. Thanks ya udah share pengalaman gap year lo di sini! Gue lagi googling pengalaman orang nge-gap ketemu blog elo. Hehehehe. Gue pen tanya, pas gap year lo buka bisnis apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, terima kasih ya :)
      Kalo bisnis sih selama gap year gue ngelanjutin usaha gue yang memang udah dr sma nihh. Gue nggak sempet mau ngerealisasiin ide bisnis baru gue hehehe.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. mau ikutan gabung grup gap year dong.. gua anak gap year jugaa..

    ReplyDelete
  4. Kak aku mau ikutan gap year jugaa

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Nama ignya apa ka? Mau ikut grup juga

    ReplyDelete
  7. btw gue ada group gap year, add aja line gue farrel.br6 kita saling sharing pengalaman sama suka suka latihan soal gitu ditunggu ya guys keep spirit

    ReplyDelete
  8. Sangat menginspirasi :)) terimakasih! sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih ya, sukses selalu juga siapapun kamu :)

      Delete
  9. Bener banget kak, satu sisi gapyear itu berat tapi di sisi lain, gapyear menempa kita untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik. Keren kak ceritanya, terimakasih sudah menginspirasi �� semoga aku juga bisa menjalani gapyearku dengan baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap!! ketika kamu lelah dengan semuanya, selalu inget 'terbentur, terbentur, terbentur, terbentuk' anggep aja masa-masa gap year yang sulit ini akan membentuk kamu jadi seseorang yang lebih hebat lagi. Semangat terus ya :)

      Delete
  10. Halo, kak, buku sbmptnnya masih ada? ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, maaf baru sempat balas karna baru buka blog. Maaf yaa, bukunya udah nggak ada..

      Delete
  11. Boleh minta uname ig nya kak? Mau nanya kak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru sempat balas, ig ku zahrasff yaaa...

      Delete
  12. Kak mohon doanya ya ka biar saya lolos sbmptn tahun ini.. btw saya gap year kak..hehehe cerita kakak alhamdulillah bikin nambah energi saya hehe.. sukses kuliahnya ya kakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga kamu diberikan hasil terbaik yaaa. Terima kasih atas apresiasinya, sukses juga sbm nya!

      Delete
  13. Sukses terus kak! Trus survive
    Doain aku, penjuang sbm 2018:’ h-6 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank youuu! Semangat sbm nya udah h-4 :)

      Delete
  14. Kak metode podomoro gimana kak ??

    ReplyDelete
  15. kak denger-denger sekarang masih jomblo ya

    ReplyDelete
  16. Cerita ini bikin api bakar semangat gue muncul lagi walau belum besar tapi gpp, btw gue gk lulus di sbmptn 2018 ini dan ujian mandiri. Sedih rasanya ujian mandiri ini jadi harapan terakhir buat ptn tapi gk lulus. Dan gue masih binggung buat gap year/gak. Satu sisi pengen gap year disisi lain gue ngerasa gak enak gak rela kalau gue gap year. Tapi kalo misalkan gue bener bener gap year semoga cerita di blog ini yg udh gue baca bisa jadi pembangkit semangat + motivasi buat gue ketika di tengah jalan gue kehilangan motivasi

    Tetep terus menginspirasi ya 👍 doa in juga klo misalkan tahun depan gue ikut sbmptn/tes mandiri lainnya biar bisa lulus di tes tersebut 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo broo, aku jga gap year 2018
      Senasib kita:-)

      Delete
    2. terima kasih atas apresiasinya, semoga doa baik kembali kepadamu juga yaaaa. good luck, dan tetap semangat!

      Delete
  17. Gapyear emg gak mudah :(
    seringkali terlena, seringkali diterjang kemalasan, serasa lupa pas sakit2nya dulu kena penolakan,arrgghh kdg sering zbl sm diri sendiri
    setahun itu lama tp terasa cepet banget
    Minta doanya ya bagi yg baca, me Gapyear'18. Wish me luck di sbm'19 lolos diptn impian aku, *amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. semangat ya, harus bisa ngalahin godaan gap year :-)

      Delete